Pages

Subscribe:

Kamis, 22 April 2010

Mencari Makna Kehidupan


Setiap orang akan berbeda dalam menyikapi berbagai gejolak hidupnya. Menyikapi hidup terkadang gampang-gampang susah. Gampang untuk bicara, susah untuk dijalankan. Adakalanya kita bisa berpikiran jernih sehingga semuanya nampak indah, dan adakalanya hati kita dalam keadaan gelap sehingga keluh kesah pun tak dapat dihindari. Keluh kesah dan ketenangan silih berganti menyelimuti perjalanan hidup kita. Dan semuanya sudah menjadi hukum Allah bahwa kehidupan ini memang selalu berputar dan berpasang-pasangan, yang menjadikannya sebagai ujian, pelajaran, cobaan dan peringatan bagi orang-orang yang berpikir.
Manusia dengan perbedaan cara pandangnya, selalu menanti kehadiran masa-masa yang tenang sehingga bisa menjadikannya sebagai sebuah kebahagiaan yang dalam. Masa-masa yang tenang ini akan sangat berdampak pada penjernihan akal dan pikiran manusia. Tetapi tidak sedikit pula kita dapat merasakan ketenangan hati dengan tidak terpengaruh tempat dan waktu. Bagi mereka, suasana ramai maupun sepi, malam ataupun siang, semuanya sama karena sudah terpancar sinar ketenangan dalam hatinya. Sungguh beruntung orang yang seperti itu.



Aku semakin percaya bahwa memang benar Tuhan menyelamatkan semua orang yang meminta dengan sungguh-sungguh kepada-Nya. Saat itulah diri kita merasa sendirian kecuali Sang Ugatame yang selalu terjaga dan menemani kita. Saat itulah diri kita merasa bukanlah apa-apa, terlalu kecil diri kita dihadapan Tuhan tetapi akan menjadi mulia bila kita selalu bersandar pada-Nya. Ketenangan dan kedamaian hati terasa memuncak ketika menyadari bahwa DIAlah segalanya bagiku.
Segala kondisi adalah tantangan dan setiap masa adalah cobaan, namun di balik itu terdapat hikmah yang besar bagi mereka yang mencari-Nya dengan sungguh-sungguh. Berpikir untuk menjawab semua tantangan, berpikir untuk teguh dalam menghadapi cobaan. Namun bagiku 4 hari 3 malam adalah pengalaman yang berharga dalam mencari makna hidup bagi jiwa yang membutuhkan ketenangan. (Egeidaby)
http://maknahidup.blogdetik.com/2010/01/12/mencari-ketenangan-di-kesunyian-malam

1 komentar: